Posts tagged ‘dongeng’

12/03/2010

Hujan bikin bingung

Sudah lama hujan tak sederas ini. Tiap tetesnya menghujam begitu dalam mengoyak tanah memecah batuan. Dan aku hanya bisa memandang dari balik jendela rumah tanpa mampu merasakan tajamnya sengatan air hujan. Gemuruh menderu menyusup ke dalam setiap sudut ruang,

read more »

01/03/2010

Dongeng dalam Hiasan Dinding

Tidak semua harus diucapkan. Terkadang yang dibutuhkan untuk menyampaikan sesuatu hanyalah sebuah isyarat. Bahkan sebuah benda pun mampu memberikan kepada kita gambaran dan pengertian yang lebih dari ribuan kata yang terlontar.

read more »

09/11/2009

jangan penjarakan aku…

“Tumben jam segini komputer masih mati…”

“Memang kenapa?

“Aneh aja, biasanya kan kamu jam segini udah sibuk melototin monitor”

“Kacamataku udah makin tebal. Nggak pingin nambah lagi minusnya..”

“Nggak update blog?”

“Lagi pingin nonton TV. Adek dah bobok?”

Isteriku mengangguk, memandangku curiga…

“Kalau begitu…”

……………………………………………. hening

read more »

04/11/2009

Mencari Kebahagiaan

Saya yakin tidak ada manusia yang berangan-angan untuk hidup tidak bahagia. Semuanya pasti mengharapkan kebahagiaan menyelimuti kehidupannya. Dan untuk mendapatkan kebahagiaan ini, kita seringkali rela berbuat apapun.

Sebenarnya apa sih kebahagiaan itu? Dan bagaimana kita bisa mendapatkannya?  Uang? Isteri cantik? Anak yang patuh? Agama? Entahlah…

read more »

01/11/2009

Kebaikan Kurawa

kebaikan kurawaKebaikan Kurawa. Itulah judul buku yang aku beli beberapa waktu yang lalu. Sudah cukup lama sebenarnya tapi baru hari ini tadi sempet aku baca.

Judul yang menarik dan aneh, menurutku. Karena siapa yang  tidak kenal dengan Kurawa? Saudara sepupu para Pandawa yang terkenal luar biasa jahatnya ini. Tapi buku ini menyajikan sesuatu yang baru. Lain dari yang lain, dan aku selalu tertarik dengan segala sesuatu yang berbau ‘lain’.

read more »

09/10/2009

write and share : MENGAPA KITA MENANGISI KEMATIAN?

Setengah meloncat wanita itu menuruni mobil yang masih berjalan pelan. Dia menangis histeris, berteriak-teriak tak jelas. Tapi kami paham maknanya…

Suara yang biasanya halus ramah saat itu terdengar parau, serak, menggetar dalam nada rendah. Sangat sumbang…

Dia berjalan terhuyung sambil memeluk anak perempuannya yang masih balita. Baru sedikit kakinya bergerak, tapi tubuhnya terasa lemas dan dia tergolek dengan balita masih erat dipelukan. Sang balita hanya melirik bingung, dia tidak tahu mengapa Ibunya menangis demikian hebat. Tapi kami tahu…kami paham…

read more »

04/10/2009

write and share : menonton bioskop di kayangan

Hari sudah menjelang sore ketika janda tua diajak sang malaikat memasuki sebuah ruangan bioskop. Nggak ada penonton lain cuma dia dan sang malaikat. Filmnya sadis, ceritanya nggak jelas, adegannya cuma kekerasan terus. Dia nggak suka. Tapi dia sungkan terhadap sang malaikat yang duduk diam di sampingnya.

Oke. Kita stop dulu. Kalian mungkin bingung dengan adegan di atas. Kok bisa seorang janda tua diajak nonton sama malaikat. Apa ya ada bioskop di kayangan sana? Aneh… 🙂

read more »