write and share : SIAPA BILANG TIDAK ADA MANUSIA YANG SEMPURNA ?

Ruangan itu sempit, pengap, dan hawa panas dari kompor pompa menguap menggosongkan dinding triplek yang sudah banyak bolong. Terlihat beberapa kecoa dan seekor tikus melintas pergi keluar dari ruangan. Mungkin nggak betah dengan sumpeknya ruangan dan terganggu oleh lalu lalang manusia-manusia yang nampak sibuk.

Manusia-manusia itu saling teriak satu sama lain. Bukan karena marah tapi suara kompor yang mendesis keras membuat telinga mereka setengah tuli. Dua di antara mereka terlihat sedang duduk menghadapi ember besar berisi piring dan gelas berdebu yang sudah melekat saking lamanya tidak keluar dari lemari penyimpanan di gudang kampung. Beberapa pemuda terlihat sedang menyeduh teh dalam ceret besar. Dan sebagian sibuk menata gelas di atas meja. Tanpa koordinasi tapi berjalan dengan pasti. Masing-masing dari mereka sudah tahu tugasnya dan menjalankan tanpa banyak bicara.

Seperti itulah suasana kesibukan para petugas jayengan. Jayengan adalah istilah jawa untuk seksi pengairan atau gampangnya tukang bikin minum. Posisi mereka memang seringkali di belakang dan tidak terlihat oleh tamu, tapi bayangkan kalau dalam suatu acara tidak ada manusia-manusia hebat ini. Pastilah acaranya bikin garing tenggorokan.

Dalam ruangan itu, terlihat seorang pemuda tampan sedang duduk di pojokan. Terhimpit oleh rak rombeng berisi sepatu-sepatu bekas. Dia tidak terlihat sibuk, dia hanya duduk menghisap batang rokok sambil memperhatikan teman-temannya yang berserabutan dengan rapi. Serabutan kok rapi…๐Ÿ™‚

Pemuda itu membuatku ingin marah. Teman yang lain begitu sibuknya dia malah duduk merokok. Tapi aku mengerti keadaannya, dia memang jarang berada di kampung ini karena sejak menginjak bangku SMP dia sudah merantau di kota. Indekos! Sendirian! Anak seusia SMP sudah harus menghadapi pergaulan di sebuah kota yang sama sekali asing baginya, tanpa pengawasan. Pantas saja kalau dia jadi anak yang sedikit liar.

Tapi bukan karena itu aku tidak jadi marah. Aku mengerti mengapa dia tidak membantu teman-temannya, dan hanya sesekali saja mengambilkan gula ataupun mengangkat senampan gelas kosong setelah itu kembali duduk merokok mengawasi kesibukan. Dia tidak terbiasa dengan ini, tidak seperti teman-temannya yang sudah terbiasa berkecimpung di dunia perjayengan dan sudah tahu apa tugasnya. Dia sama sekali asing! Dia berniat untuk membantu, tapi bukannya meringankan malah bisa merepotkanย  dia nantinya. Apa lagi ruangan itu sudah terlalu penuh. Tidak leluasa bergerak. Oleh karena itulah aku bisa mengerti mengapa pemuda tampan itu hanya duduk merokok.

Selain itu aku tidak marah padanya karena pemuda itu adalah aku.

Ya, pemuda perokok itu memang aku. Dan memang aku akui kehadiranku di tempat ini tidaklah begitu berguna. Tapi aku tidak berkecil hati. Karena bagiku semua manusia adalah sempurna!

Lho??? Apa nggak salah tuh? Bukannya tidak ada manusia yang sempurna?

Itu kan kata mereka. Kalau kataku : semua manusia adalah sempurna. Lebih lengkapnya adalah seperti ini : semua ciptaan Tuhan adalah sempurna.

Ingat bahwa Tuhan tidak pernah salah. Dia tidak pernah salah perhitungan ataupun salah dalam mengambil keputusan apalagi salah alamat…๐Ÿ™‚

Permisi, saya adalah Tuhan. Saya mau tanya alamat rumahnya…

nggak mungkin kan?๐Ÿ™‚

Demikian juga saat Dia menciptakan manusia. Dia tidak pernah salah! Dia menciptakan manusia dengan sempurna sesuai dengan apa yang dikehendakinya. Ada manusia yang berfisik normal, wajah tampan, cantik, tapi sebaliknya ada juga manusia yang terlahir dengan cacat fisik. Saya tidak begitu suka dengan kata cacat ini, saya lebih suka dengan kata berbeda.

Apakah dengan adanya manusia yang terlahir berbeda ini berarti bahwa Tuhan telah gagal produksi?

Tidak! Karena memang wujud seperti itulah yang sudah direncanakan untuk kita. Oleh karena itulah saya katakan sekali lagi bahwa kita dan segala ciptaan Tuhan yang lain adalah sempurna, lengkap dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jangan merendahkan diri kita sendiri dengan mengatakan bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Karena secara tidak langsung kita merendahkan ciptaan Tuhan dan menganggap bahwa Tuhan menciptakan sesuatu yang tidak sempurna alias gagal!

Kita adalah sempurna, lengkap dengan kelebihan, kekurangan, porsi dan fungsi masing-masing. Sempurna sesuai dengan kehendakNya.

Apa sih definisi dari sempurna? Bagiku sempurna adalah perpaduan dari kelebihan dan kekurangan, yang bercampur dengan begitu indahnya. Bagiku sempurna ada pada setiap karya Tuhan.

Artikel ini bukan suatu ajaran ataupun ajakan! Sama sekali tidak ada niat untuk mempengaruhi.

Tulisan ini hanya sekedar write and share dan merupakan suatu wadah bagi sebuah ide dan pemikiran yang terlalu besar bagi otakku yang kecil, makanya aku tuangkan di sini supaya otak kecilku tidak overload dan meledak…๐Ÿ™‚

Menjadi berbeda itu bukan suatu masalah! Tidak mampu menerima perbedaan, itulah ketidak-bijaksanaan yang seringkali menimbulkan perpecahan.

Salam,

Pecinta Perbedaan

48 Responses to “write and share : SIAPA BILANG TIDAK ADA MANUSIA YANG SEMPURNA ?”

  1. manusia diciptakan sempurna, dan sempurnalah diri dan hidup kita manakala kita mengisinya denagn banyak kebajikan, amien..

  2. sempurna dengan segala keunikan dan perbedaan:)

  3. mungkin yang ga sempurna itu kelakuannya mas, kan yang membedakan manusia dimata Tuhan adalah amal perbuatannya, betul ga mas, ya ?

  4. hu uh…

    manusia sempurna dalam kemanusiaannya… begitulah saya memahaminya juga๐Ÿ˜€

  5. setuju ciptaan Tuhan sempurna..

  6. Hehe… menghadirkan sudut pandang alternatif dalam memahami kesempurnaan. Nice๐Ÿ™‚

  7. PERtamax gan ^^

    LAnjutkan TS yg oke2 ^^

  8. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    โ€˜tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank sukses selalu yaaaak
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

  9. Hanya yang mengerti akan tujuan manusia dilahirkan ke muka bumi.. manusia di beri waktu untuk kembali pada FITRAH DIRI.. menjadi KHALIFAH BUMI

  10. good posting men..tata bahasa dan kalimat-kalimat yang indah. membuat orang berimajinasi/ mendiskripsikan apa yang mereka baca disini. bravoo…semua ciptaan Tuhan adalah sempurna

  11. Subhanallah, selalu ada hikmah dibalik penciptaan…๐Ÿ™‚

  12. Manusia tidak menjadi sempurna ketika dia melihat dari prespektif yang bukan wilayahnya. Manusia adalah sosok sempurna jika dia mengintip dengan hati nurani sebagai individu ciptaan sang Khalik, dan meyadari bahwa keadaan sempurnanya itu adalah sebuah rel yang harus dilewati.

    • begitu ya?๐Ÿ™‚
      kalau saya lebih suka membiarkan pikiran berkelana menemukan hal2 baru.๐Ÿ™‚
      jangan hanya think out of the box, because there is no box.

      salam buat aliennya sony ya? heheee…

  13. cah karanganyar asli pasti tau jayengan…๐Ÿ™‚ ini bukti betapa kreatipnya gusti Allah yg memberikan anugerah ketrampilan kepada para jayeng.
    sbg manusia jngn sekali2 menggugat gusti Allah, ora ilok. banyak bersyukur agar menambahi nilai kesempurnaan sbg manusia.

    โ€œGusti Allah menciptakan manusia itu sudah sesuai dengan disainnya. Kalau kamu mencoba memodifikasinya, ya nyalahi kodrat. Hidungmu pesek, toh jadi juga kan tiga anak kita. Aku mencintaimu, apa adanya kamuโ€ (dalam indahnya hidung pesekku)

  14. makna kesempurnaan disini, tergantung pada dari sisi mana kita melihatnya.

  15. Hai Mas Aji,
    kenapa ya kalo menyebut kata sempurna untuk manusia jadi sensi? sering dikaitkan dengan Yang Maha Kuasa. kalo dah dikaitkan dengan Tuhan ya memang tidak ada tandingannya.

    • Mungkin karena kita sudah terbiasa dengan pengertian bahwa tiada manusia yg sempurna dan hanya Tuhan sajalah yang sempurna.
      Jadi jika ada yang bilang manusia itu sempurna mereka mungkin berpikir kok seperti “ngelunjak” sama Tuhan.๐Ÿ™‚
      Sekedar share aja mbak, terkadang saya mendapat kesan kalau ungkapan tiada manusia yang sempurna ini lama2 jadi semacam pembelaan diri dan pembenaran terhadap kesalahan yang kita lakukan.๐Ÿ™‚

  16. blue malah merasa sangat sempurna…buktinya bisa sedih,tawa,jalan jalan, melirik lirik, meludah, mengaji,jadi imam,makan,minum serta melihat situs mayobi………hahaha yg belakang bukan blue banget dech
    salam hangat selalu
    salam kesempurnaan iman dan jiwa

  17. Iya, manusia itu jelass makhluk paling sempurna..
    ๐Ÿ™‚

  18. Maaf baru sempat bloghicking. 2 hari kemarin dipaksa oleh bos saya untuk ikutan penelantaran dan peletihan di dunia nyata sehingga gak punya kesempatan mengamankan pertama dan membalas komentar. Komennya jadi gak sesuai tema postingan, he.. he..

  19. tergantung pembandingnya, misalkan kita dibandingkan TUHAN, bila kita sempurna , klo TUHAN Maha Sempurna, maka sempurnanya kita tak ada artinya bila dibandingkan dengan ke Maha Sempernaannya TUHAN ^_^. Berbeda pendapat, sangat manusiawi karena sudut yg kita pandang pun seringkali tak sama ^_^

  20. salam kenal 0_0

  21. Dalam ruangan itu, terlihat seorang “pemuda tampan” sedang duduk di pojokan.
    pastesan ditulis “pemuda tampan” ternyata … hehehehe ..

  22. Yen tak pikir2.. Kalimat TIADA MANUSIA YANG SEMPURNA itu, aslinya : sebuah petuah yg bijak.. Utk mmberi motivasi kpd org yg ‘semi putus asa’ krn gagal cos mrs ga sempurna.
    Tp kmdn ‘dipleset’-kan menjadi alasan utk menjadi yg lebih baik. Atau menjadi dalih ketika melakukan kesalahan..
    Tp.. tulisan ikiakukok ini ckp bagus dan menggugah.. Trims.

  23. Sempurna menurut kehendak Sang Pencipta

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: