bencana melanda : gempa sumatera vs kebakaran lawu

Alam meradang! hanya itu yang melintas dalam benak saya ketika membuka halaman kompas dan detik. Judul-judul artikelnya membuat hati saya miris. 71 Jenazah Dievakuasi ke RSU M. Jamil, Kerusakan Setara Gempa Yogyakarta, Sudah 37 Mayat Tewas Ditemukan, Ratusan Warga terjebak di Gedung Bertingkat. Belum lagi artikel tentang kebakaran lereng gunung lawu yang sudah menghanguskan sekitar 1.500 hektar hutan. Bencana melanda dimana-mana. Kebakaran di hutan gunung Lawu belum selesai disusul dengan gempa di Sumatera. Prihatin…

Saya nggak tahu harus nulis apa disini. Bingung! Saat ini saya sedang marah, marah dengan alam, marah dengan manusia, marah dengan keadaan. Mengapa bencana alam selalu terjadi? Apa kita tidak bisa melakukan sesuatu untuk mengantisipasinya? Lebih jauh apa kita tidak mampu mencegah agar tidak terjadi bencana-bencana semacam ini?

Sudah berapa ribu manusia yang terenggut nyawanya? Dan yang membuat saya lebih marah dan prihatin adalah sebagian besar bencana terjadi karena ulah kita sendiri.

Saya akan me-repost sebuah coretan puisi lama yang saya buat setelah gempa yang terjadi di Jawa Barat beberapa waktu yang lalu. Puisi ini merupakan ekspresi saya untuk menyuarakan kekesalan terhadap manusia yang tidak henti-hentinya merusak alam ini, dan sebuah tulisan yang dapat mewakili perasaan saya saat ini.

don’t enjoy it! karena ini merupakan makian bagi kita!

Mentari 45 derajat, membidik dari arah barat
ketika aku teriak, bangsat !
kenapa kau rusak aku ?

Kalian babat hutanku, dan banjir merajalela
Kalian tak pernah jera
dasar manusia tak berakhlak berotak botak
kalian bahkan kuliti aku, beset dagingku, jarah darahku
dan aku sekarat

saat bencana menyapa ribuan nyawa
“Aku kapok” menggema, tapi ternyata tidak !
dalam keadaan setengah mati
aku tetap kalian gagahi
sperma busuk merasuki, mengalir jauh merusak rahim

dan aku hanya diam dalam kesedihan
melihat nyawa berlomba pergi dari sisi,
kasihan kalian…
karena kerusakan demi kerusakan telah terakumulasi
menunggu waktu menuju kebinasaan

Bumi terevolusi menjadi bom sejati…

Kalian gemborkan nama noordin,
seekor anjing yang membuat kalian merinding
bak kucing bunting berbibir sumbing disiram air kencing

Bah! Dasar noordin sinting !
Keturunan raja maling !

tapi aku, akulah yang harus kalian takuti !
karena aku mampu berbuat seratus kali lebih dari
si anjing noordin

setiap aku goyangkan kelingking,
sebuah kota terpontang-panting
jika lengan yang kugerakkan,
bencana kan melanda

aku bukan Tuhan, aku bukan kalian
aku hanyalah bumi yang sudah hampir mati

rawatlah aku, dan kan aku rawat kalian

saat ini,
memang sudah hampir terlambat,
tapi tiada kata telat tuk bertobat

aku sayang kalian, tapi ku tak mampu menahan jika sendiri

dan lagi-lagi,
kalian mengutuk aku karena jawa barat bergoyang bukan karawang,
tapi bergoyang penuh pengorbanan

aku tak ingin terjadi lagi tragedi
ribuan nyawa melayang, jangan biarkan terulang

by linduaji

Untuk para korban bencana alam dimanapun. Saya sebagai salah satu “perusak alam” memohon maaf kepada kalian.  Saya masih yakin bahwa Tuhan akan membuat segalanya indah pada waktunya.

God bless you all…

73 Responses to “bencana melanda : gempa sumatera vs kebakaran lawu”

  1. Pertamaaxxxzzz dulu..
    Asik tuh Puisinya,,,
    he..he..he

  2. Tuhan, kumohon ampunilah dosa kami…

  3. waduh.. lereng gunung lawu kebakaran ta…
    lereng yg sebelah mana tuh❓

  4. pagi….terima kasih ya sdh mampir ke blog aku.

  5. kebakaran lawu 2 tahun lalu, bisa dilihat dari rumah org tua saya…
    waktu kecil dulu, saya senang berlama2 memandang hijau dan birunya alam lawu.. sekarang keliatan meranggas..akibat keganasan ulah manusia yg tidak bisa menjaga keseimbangan alam..

  6. nice poem…
    penuh luapan emosi…
    menyentil jiwa…
    mendobrak kebekuan..
    mencabik mata..
    memberangus ego..
    terkapar…

    wowwowowwwww

  7. mari berdoa buat temen2 disana….semoga tabah menghadapi cobaan ini

  8. Amat sangat prihatin, apalagi baru saja terjadi gempa menguncang Padang Pariaman dengan korban jiwa dan materi yang lebih besar. Semoga para korban bencana alam diberi keuatan dan ketabahan dalam menghadapinya.

  9. krn tak ngerti puisi …. semoga bagus isinya ….

    silahkan ke blog saya richocean ttg “2009 3009 ANGKA Gempa PADANG PARIAMAN. 2009 1010 ANGKA Gempa Tsunami ACEH?” dan “2009 0110 Pagi ini Gempa Bengkulu dan Jambi Menyusul Gempa Padang” dan “Selama 17 jam, 3x Gempa PADANG Sumatra Barat”

    atau blog saya lainnya
    http://richmountain.wordpress.com

    salam …

  10. Salam Takzim
    Blog sudah saya link di halaman link sahabat ya, karena anda adalah orang-orang pilihan..
    Salam Takzim Batavusqu

  11. Semuga kita dan semuanya segera sadar dan kembali kepada iman dan taqwa kepada Alloh ta’aalaa mas😆 barusan malah di Samoa Amerika ada tsunami tuh jam 7 pagi tadi🙄

  12. bencana lagi, kapan berhenti ?
    turut berduka buat yang lagi kena musibah…

  13. Link sudah saya pasang..
    Monggo di cek

  14. iya ni mas.. alam rusak dimana-mana.. apa dong yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya…

    dan untuk masyarakat yang tertimpa musibah gempa..semoga tabah aja..saya juga kemarin mengalaminya.. duh ngeri.. God Bless You All..

    salam kenal ya..makasi dah berkunjung..

    • yah paling tidak kita harus cari cara untuk mengantisipasinya. caranya seperti apa? saya juga bingung, tapi kalo gempa kita bisa ambil contoh dari negara jepang. banyak belajar dari mereka.

      salam kenal. samasama.🙂

  15. ambil hikmahnya dulu bos. masi mending kita ‘baru’ 70-an orang (mungkin sekarang sudah 100-an). tapi lihat di Samoa, di sana ada tsunami yang langsung melahap 100 orang penduduknya (dan akan terus bertambah).

    Allahuakbar!

  16. moga bisa diambil hikmahnya ya…oiya linknya segera terpajang….

  17. prihatin menyaksikan para korban bencana di negeri ini turut berduka buat seluruh korban gempa di sumatera kemarin semoga para korban doberikan ketabahan Amien

    -salam- ^_^

  18. kitq turut prihatin. yuk berdoa untuk sodara-sodara kita

  19. Semua kerusakan di muka bumi memang disebabkan oleh ulah manusia-manusia yang tidak bertanggung jawab. Namun ada kalanya bencana yang datang berada di luar kuasa manusia. Dan selagi masih ada kesempatan mari lah kita sama2 introspeksi dan bertaubat…

  20. mudah2an ga ada musibah lain lagi yah

  21. Hmmm, bumi ini udah mulai tua…
    Banyak bencana disana sini…
    Ya..mudah2’an aja ini utnuk yang terakhir kali. Amin….

    Dan semoga saja kebakaran hutannya cepat teratasi…

  22. WOow…..
    Gampa Baru Beberapa Hati..

    komen da bnyak…

    kaya banykan komenya dari pada korbannya

    hahaha

    lanjut gan

    • akan sangat baik jika korbannya lebih sedikit daripada komen disini. tapi nyatanya tidak mbak korban terus berjatuhan. prihatin…
      turut berduka bagi para korban.

  23. makin sering…
    makin banyak yang lupa…

    • jadi terbiasa gitu ya?
      janganlah…masak bencana kok jadi kebiasaan. tapi kalau kita sudah punya cara untuk mengantisipasi sih nggak papa.
      dan yang pasti jangan sampai kita melupakan para korban.
      salam,

  24. setiap kejadian,setiap akibat pasti ada sebab dan semua itu saya yakin ada hikmanya.

    salam hangat

  25. turut prihatin kepada para korban….

  26. Semoga ada hikmah dibalik bencana yang selalu menghatam negeri ini…

  27. Rabu dan Kamis ini ada gempa…
    Terbukti Indonesia memang rawan gempa ..
    maka waspadalah ..

  28. Turut ikut berduka cita dan senantiasa mendoakan mereka semua yang tertimpa musibah…😦

    http://garasiusaha.wordpress.com/

  29. puisi yang mengingatkan kita untuk selalu melestarikan alam

  30. mudah2n mereka diberikan ketabahan,… AMieen🙂

  31. @abula>anda benar. karena indonesia memang dikepung oleh patahan2 lempeng bumi. yah, kurang lebihnya seperti itu. mari kita tingkatkan kewaspadaan kita.

    @bocahbancar>untuk saat ini doa merupakan hal termudah yang kita bisa lakukan untuk mereka.

    @bani>rawatlah alam dan alam akan merawat kita🙂

    @iyoong>amien

  32. menunggu berita baru tentang gempa sumbar. yuk kita bantu

  33. perbanyaklah amal kalian… (sok bijak mode: ON)

    tapi gpp lah saling mengingatkan sesama Muslim (bijak lagi mode: ON)

  34. Kebakaran Lawu kayaknya kurang mendapat sorotan yah..
    Soalnya tidak ada korban jiwa..
    Semoga belajar dari bencana.

    • iya bung, padahal dampaknya bisa fatal kalau hutannya gundul…kita hanya bereaksi terhadap apa yang ada saat ini belum mau dan mampu untuk memandang ke depan.

  35. Jangan pernah berhenti untuk memperkecil kerusakan lingkungan satu pohon seribu kehidpan..

  36. Struggle that you do today is the single way to build a better future

  37. solusi obat herbal untuk penyakit yang sedang anda deerita, mohon dimaafkan jika tidak berkenan penis sakit dan nyeri saat kencing

  38. Sebelum herpes anda menjalar ada baiknya anda berkonsultasi kepada dokter Penyakit Kelamin kami di Rumah Sakit.

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

