write and share : penemuan embun bening

Dalam  posting sebelumnya sempat aku singgung mengenai nama putriku yang tercinta. TETES EMBUN BENING ANAKKU.

Ya, memang banyak yang bilang namanya unik, sedikit aneh, menarik, sampai bagus. Macam-macam memang pendapat mereka. Tapi ada sedikit cerita menarik di balik penemuan nama ini. Dan akan sedikit aku ceritakan disini. Jangan bosan ya?🙂

Semua berawal dari masa-masa kehamilan isteriku yang sudah beberapa bulan. Waktu itu aku punya keyakinan yang luar biasa bahwa anakku nantinya akan terlahir laki-laki. Oleh karena itu pula nama yang aku persiapkan adalah nama untuk bocah laki-laki.

Lebih jauh lagi dengan begitu bodoh dan naifnya dalam nama itu aku sebutkan waktu terlahirnya ke dunia. Luar biasa bodoh bukan keyakinanku?

Memang siapa aku ini, berani-beraninya mencoba untuk mendahului kehendak Tuhan.

Padahal waktu USG dokternya sendiri bilang kalau kelaminnya tertutup tali pusat atau ari-ari, jadi dia tidak bisa memastikan apakah laki-laki atau cewek. Keluarga juga sudah menyarankan untuk mempersiapkan dua nama, cowok dan cewek. Tapi seperti yang aku bilang tadi, waktu itu aku sombong dengan keyakinanku. Mungkin aku berpikir bahwa kalau kita yakin Tuhan pasti akan mewujudkan. Hmmm….soooo naif!

Dan benarlah keyakinanku yang sudah luar biasa kuat ternyata nggak ada apa-apanya dibandingkan kekuasaan Tuhan (tentu saja kan?), dan jadilah hari itu anakku terlahir dengan kelamin perempuan dan di waktu yang sama sekali berbeda dengan apa yang aku perkirakan.😦

Tapi, perlu dijelaskan bahwa aku sama sekali tidak menyesal dengan jenis kelamin anakku. Aku sudah luar biasa bahagia dengan lahirnya dia di dunia ini dengan selamat dan sehat. Thanks to God for that…

Kemudian sesaat setelah anakku lahir, tibalah saat yang dinanti-nanti. Ibuku bertanya kepadaku, “Jenenge sopo?’ (namanya siapa?).

Pertanyaan simpel yang wajar tapi pada waktu itu aku kaget luar biasa dan baru nyadar kalau aku belum mempersiapkan nama cewek. Dan tentu saja aku terdiam nggak bisa jawab.

“Nanti juga tahu…” bisikku. Aku lalu keluar dari ruangan dan bermodal kepulan asap rokok aku mulai corat-coret di kertas buram. Hanya corat-coret sekedarnya…dan inilah hasil corat-coret itu (sudah diedit tentunya)

tahukah kau anakku,
detik-detik menunggu hadirmu
adalah detik-detik paling menakutkan dalam hidupku
rintih Ibumu terdengar sumbang,
gurat kerut wajahnya mendalam,
seiring semakin dekatnya sebuah kata :
lahir…

tapi, tahukah kau anakku,
engkaulah keindahan!
yang pantas untuk segala rasa ini
karena saat kau tiba…
itulah surga!

hadirmu, tangismu…
laksana TETES EMBUN BENING
yang menyegarkan hati kering kami,
menghapus segala rasa yang menghantui,
obat dari segala obat!

titipan Tuhan yang boleh kuakui sebagai ANAKKU

aku bukanlah orang yang pintar mencari nama
aku hanya sedikit lebih bisa mengolah kata
tuk itu anakku, aku berikan serangkai kata
“TETES EMBUN BENING ANAKKU”
sebagai sebutan bagimu…
manfaatkan, gunakan, sematkan dalam jiwa dengan bangga!
dan suatu saat nanti…
sejukkanlah dunia yang sudah mulai rusak ini
dengan “embun beningmu”

coretan puisi ini pernah aku post disini

65 Responses to “write and share : penemuan embun bening”

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Walah dalah…
    proses pemberian nama yang unik menghasilkan nama yang unik pula.
    nanging yen dipikir-pikir, jebule jeneng kuwi lah yo nduweni makna seng jero temenan.

  2. namanya yang indah Mas.
    Semoga menjadi anak yang sholehah ya.
    Salam

  3. Nama yang unik. Bagus.
    Aku punya kenalan yang nama anakknya juga nyleneh, BERUK. Nama pemberian eyangnya. Beruk memang bisa berarti sejenis monyet. Tapi, yang dimaksud, katanya dalam bahasa Jawa, beruk itu berarti semacam wadah. Misal, Siti tuku beras sak beruk.

  4. Subhanallah……..nam yang unik

  5. Nama yang bagus saya rasa. Bening sebening Embun.
    Salam untuk dia sob.
    Mohon maaf komentar pakai blog lain, blog Mengembalikan jati diri bangsa yang aku punya sudah dibanned oleh aksimet.

    salam hangad

  6. @M Mursyid>makasih mas. saya juga orang jawa mas jadi sedikit banyak tahu artinya. dalam sekali ya? wadah…
    @islamic>matur nuwun
    @blogger gurem>terimakasih. kok bisa di banned?

  7. nama yang cantik dan unik memang.. tapi taklah mengherankan karena nama orangtuanya juga bagus..

    semoga menjadi gadis shalihah. amiin..

  8. iya, nama anaknya uni, tapi keren kok

    walaupun kondisi kelaminnya seperti itu, yang pentin kebahagiaan akan kehadirannya luar biasa

    • haha..bahasa anda itu lho. “walaupun kondisi kelaminnya seperti itu”, nggak ada yang salah kok dengan kondisi kelaminnya. cuma bapaknya aja yang salah mengira.
      thanks dah mampir.🙂

  9. pepatah mengatakan ” Apalah arti sebuah nama ”

    tapi sebuah nama memiliki arti yang khusus, dikhususkan oleh orang tuanya kepada seorang anak, karena nama adalah do’a orang tua yang akan menyertai anak hingga akhir hayatnya …..

    semoga kelak kau jadi anak sesuai dengan do’a yang disenandungkan orang tua mu, Embun ….

    salam,

  10. Hmm, memang benar-benar nama yang unik.
    Semoga kelak bisa berpikir se BENING namanya.
    Disaat banyak orang yang ksulitan berpikir dengan bening, dengan jernih dalam menguraikan setiap fragmen kehidupan.

  11. Nama mengandung arti bagi pemiliknya, semoga anaknya menjadi setetes embun bening penyejuk hati dan masa depan orang tuanya

  12. Selamat menempuh hidup baru..

  13. Walah salah..selamat pak ya tas kelahiran putrinya..yang keberapa pak?

  14. Semoga menjadi anak yang sholeh sholehah dan berbakti pada orang tua, agama, dan negara ya pak..amin

  15. moga menjadi anak yg berbakti bagi nusa dan bangsa, berbakti pada kedua orang tuanya. selamat yak oom

  16. @mudz>iya, sekarang ini banyak orang yang otaknya keruh.🙂
    @mamah aline>amin…makasih mamah🙂
    @dasir>anak pertama mas…amin!
    @qie>amin! semangat!

  17. sampeyan pinter memberikan sebuah nama, mas. dulu saya “setengah mati” memberi nama kedua anak saya, mencari yang unik, yg jarang digunakan atau bahkan nggak ada yg punya. nggak seperti bapaknya, namanya pasaran ha..ha..
    anak pertama punya panggilan kika, yg kedua lila… ntar klo gusti Allah ngasih yg ketiga bisa jd bernama mima.. ha..ha..

  18. hihihi jadi ingat dulu waktu dhenok lahiran. sebenarnya sudah nyiapin nama, antara kinadia dan kinaransih. trus pas ditelusuri artinya kok bagus kinaransih. akhirnya pake nama itu, setelah populer nickname-nya. kenapa bgitu? karena kita tinggal di desa, gak mau ah kalo dhenok nanti dipanggil asih… dah pasaran. jadi sebelum nama lengkapnya dapet, kita dah punya nickname, kiki. diambil dari nama lengkapnya KInaransih wasKIta.

  19. Tetes Embun Bening Anakku… ???
    Ini nama anakmu ya Mas ?
    Manggilnya opo Mas ? 🙂
    Nama bapake juga keren ya ? Ikiakukok !!!
    Wuakakakaka 😆

  20. Selamat siang ikiakukok, Selamat Ya ? punya momongan baru. Setaip lahiran baru mempunyai keindahan masing-masing, bahkan masing-masing anak membawa keunikan tersendiri dengan nama yang diberikan. Nama anak saya yang pertama adalah Evan artinya anugrah Tuhan yang paling luhur, karena anak itu lahir imuet-imuetn kecil mungil mirip yuni Shara, Eh.. memang waktu ngidam selalu berdoa semoga anaknya imut kayak Yuni Shara, eeeh.. rupanya Tuhan kasih seperti dia. Okay Ikia Terima kasih sharingnya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

  21. smoga menjadi anak yang sholehah, berbakti pada ibu bapaknya

  22. mantep bro…………..unik namanya
    ceritanya lahiran anak nih bro ” selamat ya” . semoga sehat selalu

  23. kalau namanya PERTAMAX bisa gak? atau PERTAMINA CINTA PERTAMAX SELAMANYA. panggilannya MINA. hehehehe

  24. Anak adalah titipan Tuhan…

  25. melu bahagia pokoke mas…😀

  26. Wah…wah…, seru juga proses pemberian nama anak ini. Ada ritual bikin puisinya. Semoga Tetes Embun Bening tumbuh menjadi anak yg shaleh, berbakti kepada agama, orang tua, dan bangsa. Amin….

  27. orang tua saya memberi saya nama “cut istiqomah meutia” katanya agar saya menjadi bunga yang selalu istiqomah [secara terus menerus] menyebar kebaikan.

    nama adalah apa yang orang tua inginkan dari kita kan mas?😉

  28. Ya apapun nama yang diberikan, saya yakin pasti nama itu merupakan curahan hati dan kasih sayang dari orang tua serta merupakan sebuah do’a untuk si anak supaya bisa mengarungi kehidupan di dunia yang fana ini (ala kepanjangan, wkwkwwk). Pokoknya selamet aja kang mas.

  29. nama yang sejuk, ringan, dan menyegarkan..

    Sosok yang ada di dalamnya.. pastinya akan merasa sangat bahagia menikmati setiap tetes embun bening, di setiap waktu…

    Tetes Embun Bening…
    Cantik dan menghanyutkan..

    lam kenal jg

  30. Ya selamat dech atas pemberian nama anaknya…aku jg bentar lg mo pnya anak..kmarin bis di USG ktnya prmpuan..aku blm smpet dapet nama nich…kira2 yg bagus apa yach….smpet bingung jg ..dah mo nyampe lahiran blm ktmu nama yang sreg….

    Makasih ya kunjungannya

  31. Bening! Nama yang sangat bagus, semoga menjadi penrus generasi yang cerdas untuk Indonesia.

    Salam Hangat dari SAYAP Kanan Kesebelasan Forum Indonesia Merangin yang saat ini sedang mencoba Belajar SEO dan ilmu computer science. Maaf rada spam Komenk, jangan dihapus yak! Please Diechchch?

  32. Wah selamat berbahagia yah, nama yang sangat indah yang selalu disenangi penyair untuk menulis puisi

  33. dulu saya dan suami juga bingung ngasih anak pertama kami apa.. dan dari masukan beberapa sahabat dan keluarga, dipilihlah nama qonita.. setelah itu..bingung juga nickname nya apa..hehe..sampe akhirnya usulan saya yg dipakai..yaitu..onit.. hehe..

    selamat atas kelahiran anaknya ya..moga jadi anak sholeh..amin..

  34. sip gan
    salam untuk semuanya gan😀

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

