membiasakan anak minum dari botol

Sudah beberapa hari ini anakku rewel terus, bikin bingung, pusing, dan kasihan pastinya.๐Ÿ˜ฆ

Malah kemarin seharian dia sama sekali nggak mau lepas dari puting susu ibunya, bapaknya nggak dapat bagian๐Ÿ˜ˆ Kami jadi bingung luar biasa menghadapi tangisan sang embun bening yang benar-benar memekakkan telinga ini.

intermezzo: nama anakku memang embun bening. lengkapnya tetes embun bening anakku. kenapa bisa dapat nama seaneh itu? yah itu karena bapaknya juga orang yang aneh..๐Ÿ™‚ nanti kalau sempet aku posting kronologis penemuan nama buat anakku itu.

Embun bening adalah anak yang sehat. dia aktif, tangisnya juga keras, tidak pilek, badan juga nggak demam, baik hati, dan tidak sombong. Tapi kenapa akhir-akhir ini dia rewel terus? Dan kalau sudah nangis hanya bisa didiamkan oleh puting hangat sang ibu yang sudah lama nggak dikunjungi bapaknya๐Ÿ˜ˆ

Kami lalu mengadakan rapat untuk membahas mengapa embun bening beberapa hari terakhir ini rewel…โ“

DAN..!!! idea๐Ÿ’กidea๐Ÿ’กidea๐Ÿ’ก

Kami yang masih amatir dalam hal bayi-berbayi ini menyimpulkan kalau kebutuhan perut sang embun semakin banyak sementara asi dari ibunya (entah oleh sebab apa) semakin berkurang sehingga embun selalu merasa lapar. Kesimpulan ini sempat membuat isteriku bersedih dan merasa bersalah๐Ÿ˜ฅ. Aku harus menghibur dia mati-matian agar rasa bersalahnya nggak membuat dia stress๐Ÿ™‚. agak terlalu berlebihan ya? maaf…

Tapi perlu diketahui bahwa saat proses hibur menghibur isteri, embun bening sedang nenen (menyusu) dengan lahapnya. Bapaknya cuma bisa melihat dan berdoa… ๐Ÿ‘ฟ

NAH..!! Dari kesimpulan itu pula makanya kami memutuskan untuk memberikan embun bening susu formula.

Sore itu juga aku langsung beli susu formula yang judulnya bebelac, tapi ternyata embun nggak mau! Dia malah nangis semakin keras. Judul susu aku ganti dengan bendera… tetap saja dia nggak mau.

Aku coba susu lactogen, embun tetap nggak mau. Kemudian ada yang saran supaya dotnya diganti yang lebih empuk, tapi tetap aja gagal mad

Aku juga sudah coba untuk meminumkan sedikit demi sedikit dengan sendok tapi melihat ekspresi embun bening yang seperti akan muntah setiap susu masuk ke tenggorokan aku jadi nggak tega๐Ÿ˜ฆ

Mbah google juga sudah aku gunakan, tapi tetap saja belum berhasil. Apa yang harus kami lakukan?๐Ÿ˜•

Apalagi bulan november nanti ibunya sudah habis masa cuti, jadi mau nggak mau embun bening harus mau dan bisa minum dari botol sebelum ibunya kerja lagi.

Kalau portable gitu kan enak, jadi saat ibunya berangkat kerja, payudaranya bisa ditinggal di rumah buat si embun bening. bukan buat bapaknya lho…๐Ÿ˜ณ tapi kan nggak ada payudara portable. iya kan? ada nggak sih? nggak ada ya? ya udahlah…

Jadi intinya….disini saya selain share sama teman-teman, saya juga mau minta saran. Mungkin saja ada yang pernah punya pengalaman seperti ini, atau ada di antara kalian yang bidan, dokter, atau apapun yang berkaitan dengan susu-menyusu dan botol-membotol…saya minta sarannya dong. supaya embun bening mau mik cucu dari botol.

terima kasih sebelumnya.

nb. maaf bahasa saya agak kacau.

jangan ada yang tersinggung.

24 Responses to “membiasakan anak minum dari botol”

  1. (maaf) ternyata masih kebagian mengamankan PERTAMA.
    Waduh…. gimana, ya?. Sorry gak bisa ngebantu nih. Soalnya pengalaman saya dulu waktu masih bayi udah lupa.

  2. kulo nuwunnnnn!
    salam kenal dulu mas..
    pengalaman saya mas, coba embun dikasih makanan lunak..
    memang biasanya pada umur- umur tertentu menurut teori dokter belum boleh, tapi terkadang pengalaman (nyata dan baik) tak dapat diganggu gugat..๐Ÿ™‚
    ada beberapa anak bayi yang masih umur beberapa minggu sudah merasa lapar, dan makanan yang aman dan alami menurut saya adalah PISANG SUSU,
    biasanya kalo pisang ambon bikin perut perih, kalo pisang kepok bikin susah buang air besar..
    silahkan mencoba..

  3. wadooooooh ndak bisa ngasih saran blas…wong saya ga pernah punya anak…..sorry mas….telp aja mertua ato ibunda..pasti ngasih saran yg joss

  4. wah ribet juga ya kalah udah punya anak
    pengen nikmati masa muda dulu dah

    • iya jangan terburu-buru bung!
      pikir dulu yang matang karena pernikahan bukan hanya legalisasi perjinahan๐Ÿ™‚.
      a lot more than that dude…heheheee…
      apalagi kalo dah beranak. SENSASIONAL!

  5. kondisi seperti ini sempet saya khawatirkan sewaktu melahirkan anak pertama dan kedua. Istri saya malah tidak keluar air susunya. Namun alhamdulillah dengan dibiasakan dari awal anakku mau menerima laktogen.

    Adapun yang ketiga sekarang kekurangan asi karena Istri saya yang keluar malah sebelah.๐Ÿ™‚ Inipun mengalami kejadian yang sama. Semua tetap (terpaksa) dipaksanakan untuk dibiasakan. Untuk yang ini saya menggunakan susu Vitalac. Sekarang sudah berumur 5 bulan.

    Namun akan lebih bijak jika mencoba untuk konsultasi ke dokter anak yang biasa menangani
    anak yang baru lahir.

    Embun yang sabar ya !!!
    Salam

  6. wah, untuk hal ini saya tidak bisa kasih saran banyak, soalnya ke-2 anak saya full asi terus, mamanya gak kerja sih …

    tapi ponakan dulu pernah mengalami kasus serupa, akhirnya mau minum dari botol setelah beberapa percobaan merk susu dan bentuk dot-nya.
    selain itu juga waktu itu kakeknya suka ngasih madu sedikit-sedikit …

    salam …
    tetap semangat ….

  7. Ah, sampean ada ada saja………payudara koq portabel.
    Ditambah lagi fiturnya selain portabel, plug n play.
    Soalnya pas balikin kalau ga ada drivernya weh celaka 13.
    Hmm, saya punya usul, gimana kalau payudaranya saja yang diperbanyak khan jatahnya sampai 4 pasang……….hehehe.

  8. keknya kasus yg sama dengan anak pertama saya, waktu ituh asi ekslusif sampai cutinya mo habis… beruntung di sela istirahat saya bisa pulang untuk memberikan asi karena dia kesulitan ngedot dan susu formula yang masuk sedikit sekali….
    alternatifnya waktu itu ya saya kasih bubur encer sehingga si anak ndak terlalu rewel, kadang si bubur saya campur dengan susu formula… gitu gitu deh… dipastikan rasa dasar dari si susu formula yg gurih, keknya bebelac ada rasa manis2nya gituh deh, coba ganti rasa yg gurih, masing2 bayi mempunyai kecocokan tersendiri dengan susu formula.
    yang jelas memang ASI is the best๐Ÿ˜€

  9. wah moga tetes embun selalu segar dan berbakti ya….
    tentang bintang kedip2nya buwel dapet dari pinginbelajar.blogspot.com….ngggak tahu untuk wordptess bisa apa ndak…

  10. wah, nama yang indah mas…

  11. anak aku sekarang berumur 5 bulan aku tinggal kerja pada umur 4 bulan dia susah minum dot setiap dikasi dot nangis atau dotnya malah digigit , untungnya aku ada waktu jam istirahat pulang jadi walaupun aku kerja anakku tetep mendapatkan asi eklusif

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

