Archive for September, 2009

29/09/2009

write and share : penemuan embun bening

Dalam  posting sebelumnya sempat aku singgung mengenai nama putriku yang tercinta. TETES EMBUN BENING ANAKKU.

Ya, memang banyak yang bilang namanya unik, sedikit aneh, menarik, sampai bagus. Macam-macam memang pendapat mereka. Tapi ada sedikit cerita menarik di balik penemuan nama ini. Dan akan sedikit aku ceritakan disini. Jangan bosan ya? 🙂

Semua berawal dari masa-masa kehamilan isteriku yang sudah beberapa bulan. Waktu itu aku punya keyakinan yang luar biasa bahwa anakku nantinya akan terlahir laki-laki. Oleh karena itu pula nama yang aku persiapkan adalah nama untuk bocah laki-laki.

Lebih jauh lagi dengan begitu bodoh dan naifnya dalam nama itu aku sebutkan waktu terlahirnya ke dunia. Luar biasa bodoh bukan keyakinanku?

Memang siapa aku ini, berani-beraninya mencoba untuk mendahului kehendak Tuhan.

Padahal waktu USG dokternya sendiri bilang kalau kelaminnya tertutup tali pusat atau ari-ari, jadi dia tidak bisa memastikan apakah laki-laki atau cewek. Keluarga juga sudah menyarankan untuk mempersiapkan dua nama, cowok dan cewek. Tapi seperti yang aku bilang tadi, waktu itu aku sombong dengan keyakinanku. Mungkin aku berpikir bahwa kalau kita yakin Tuhan pasti akan mewujudkan. Hmmm….soooo naif!

Dan benarlah keyakinanku yang sudah luar biasa kuat ternyata nggak ada apa-apanya dibandingkan kekuasaan Tuhan (tentu saja kan?), dan jadilah hari itu anakku terlahir dengan kelamin perempuan dan di waktu yang sama sekali berbeda dengan apa yang aku perkirakan. 😦

Tapi, perlu dijelaskan bahwa aku sama sekali tidak menyesal dengan jenis kelamin anakku. Aku sudah luar biasa bahagia dengan lahirnya dia di dunia ini dengan selamat dan sehat. Thanks to God for that…

Kemudian sesaat setelah anakku lahir, tibalah saat yang dinanti-nanti. Ibuku bertanya kepadaku, “Jenenge sopo?’ (namanya siapa?).

Pertanyaan simpel yang wajar tapi pada waktu itu aku kaget luar biasa dan baru nyadar kalau aku belum mempersiapkan nama cewek. Dan tentu saja aku terdiam nggak bisa jawab.

“Nanti juga tahu…” bisikku. Aku lalu keluar dari ruangan dan bermodal kepulan asap rokok aku mulai corat-coret di kertas buram. Hanya corat-coret sekedarnya…dan inilah hasil corat-coret itu (sudah diedit tentunya)

tahukah kau anakku,
detik-detik menunggu hadirmu
adalah detik-detik paling menakutkan dalam hidupku
rintih Ibumu terdengar sumbang,
gurat kerut wajahnya mendalam,
seiring semakin dekatnya sebuah kata :
lahir…

tapi, tahukah kau anakku,
engkaulah keindahan!
yang pantas untuk segala rasa ini
karena saat kau tiba…
itulah surga!

hadirmu, tangismu…
laksana TETES EMBUN BENING
yang menyegarkan hati kering kami,
menghapus segala rasa yang menghantui,
obat dari segala obat!

titipan Tuhan yang boleh kuakui sebagai ANAKKU

aku bukanlah orang yang pintar mencari nama
aku hanya sedikit lebih bisa mengolah kata
tuk itu anakku, aku berikan serangkai kata
“TETES EMBUN BENING ANAKKU”
sebagai sebutan bagimu…
manfaatkan, gunakan, sematkan dalam jiwa dengan bangga!
dan suatu saat nanti…
sejukkanlah dunia yang sudah mulai rusak ini
dengan “embun beningmu”

coretan puisi ini pernah aku post disini

Iklan
28/09/2009

membiasakan anak minum dari botol

Sudah beberapa hari ini anakku rewel terus, bikin bingung, pusing, dan kasihan pastinya. 😦

Malah kemarin seharian dia sama sekali nggak mau lepas dari puting susu ibunya, bapaknya nggak dapat bagian 😈 Kami jadi bingung luar biasa menghadapi tangisan sang embun bening yang benar-benar memekakkan telinga ini.

intermezzo: nama anakku memang embun bening. lengkapnya tetes embun bening anakku. kenapa bisa dapat nama seaneh itu? yah itu karena bapaknya juga orang yang aneh.. 🙂 nanti kalau sempet aku posting kronologis penemuan nama buat anakku itu.

Embun bening adalah anak yang sehat. dia aktif, tangisnya juga keras, tidak pilek, badan juga nggak demam, baik hati, dan tidak sombong. Tapi kenapa akhir-akhir ini dia rewel terus? Dan kalau sudah nangis hanya bisa didiamkan oleh puting hangat sang ibu yang sudah lama nggak dikunjungi bapaknya 😈

Kami lalu mengadakan rapat untuk membahas mengapa embun bening beberapa hari terakhir ini rewel… ❓

DAN..!!! idea 💡idea 💡idea 💡

Kami yang masih amatir dalam hal bayi-berbayi ini menyimpulkan kalau kebutuhan perut sang embun semakin banyak sementara asi dari ibunya (entah oleh sebab apa) semakin berkurang sehingga embun selalu merasa lapar. Kesimpulan ini sempat membuat isteriku bersedih dan merasa bersalah :cry:. Aku harus menghibur dia mati-matian agar rasa bersalahnya nggak membuat dia stress :-). agak terlalu berlebihan ya? maaf…

Tapi perlu diketahui bahwa saat proses hibur menghibur isteri, embun bening sedang nenen (menyusu) dengan lahapnya. Bapaknya cuma bisa melihat dan berdoa… 👿

NAH..!! Dari kesimpulan itu pula makanya kami memutuskan untuk memberikan embun bening susu formula.

Sore itu juga aku langsung beli susu formula yang judulnya bebelac, tapi ternyata embun nggak mau! Dia malah nangis semakin keras. Judul susu aku ganti dengan bendera… tetap saja dia nggak mau.

Aku coba susu lactogen, embun tetap nggak mau. Kemudian ada yang saran supaya dotnya diganti yang lebih empuk, tapi tetap aja gagal mad

Aku juga sudah coba untuk meminumkan sedikit demi sedikit dengan sendok tapi melihat ekspresi embun bening yang seperti akan muntah setiap susu masuk ke tenggorokan aku jadi nggak tega 😦

Mbah google juga sudah aku gunakan, tapi tetap saja belum berhasil. Apa yang harus kami lakukan? 😕

Apalagi bulan november nanti ibunya sudah habis masa cuti, jadi mau nggak mau embun bening harus mau dan bisa minum dari botol sebelum ibunya kerja lagi.

Kalau portable gitu kan enak, jadi saat ibunya berangkat kerja, payudaranya bisa ditinggal di rumah buat si embun bening. bukan buat bapaknya lho… 😳 tapi kan nggak ada payudara portable. iya kan? ada nggak sih? nggak ada ya? ya udahlah…

Jadi intinya….disini saya selain share sama teman-teman, saya juga mau minta saran. Mungkin saja ada yang pernah punya pengalaman seperti ini, atau ada di antara kalian yang bidan, dokter, atau apapun yang berkaitan dengan susu-menyusu dan botol-membotol…saya minta sarannya dong. supaya embun bening mau mik cucu dari botol.

terima kasih sebelumnya.

nb. maaf bahasa saya agak kacau.

jangan ada yang tersinggung.

27/09/2009

mulai dari nol lagi

aku mau membuat pengakuan.

ikiakukok.wp.com sebenarnya baru berusia 4 hari. tapi mungkin ada yang heran karena postingannya sudah 31 dan arsipnya juga tertulis sejak bulan agustus.

postingan asli di ikiakukok.wp.com selain yang sedang anda baca ini. sebenarnya hanya ada DUA, yang adalah :

  1. mengatasi polusi dan kemacetan jakarta
  2. INTRODUCING : KAOS GAMBAR TANGAN

lha terus 29 postingan lain darimana?

jadi ceritanya begini. kemarin waktu saya bikin blog ini, mau bikin posting kok rasanya males banget. jadinya daripada pusing-pusing makanya aku import semua postinganku di blogku yang lain. ya niatnya sih biar nggak terlihat kaya rumah kosong begitu…

tapi hari ini semua post importan itu saya hapus jejaknya dari sini. saya mau mulai dari nol lagi aja. rumah baru yang bener-bener baru. apa gunanya kalau bikin blog lain tapi isinya sama saja dengan yang lama. iya kan?

tapi kalau pas pingin nulis dan nggak ada ide. ya nggak papalah repost dari blog lama :). hanya saja di blog ini saya akan berusaha untuk lebih jujur dan be my self aja. nggak perlu membungkus barang busuk dengan balutan kalimat indah.

nb. selain dua judul posting di atas tadi its me dan juga koleksi foto juga asli dibikin di blog ini lho.

matur tengkyu.

26/09/2009

mengatasi polusi dan kemacetan jakarta

Saya bukan penduduk Jakarta, tapi saya adalah salah satu dari mereka yang cukup peduli dengan polusi dan kemacetan di Jakarta. Sebagai ibu kota negara, Jakarta bagi saya jauh dari kata memadai. Lihat saja polusi yang ada, darat laut udara semuanya sudah terpolusi dengan begitu sempurnanya. Apalagi tingkat kemacetan, saya yakin semua juga sudah paham bukan?

gambar dipinjam dari alamendah

gambar dipinjam dari alamendah

sumber gambar : metro.vivanews

Sebelum saya mengutarakan ide-ide saya untuk mengurangi tingkat polusi dan kemacetan harus saya tegaskan di sini bahwa saya sama sekali bukan ahli sosial ataupun ahli lingkungan. Jadi kalau nggak cocok ya maaf.  Namanya juga usaha….

First thing first (benar nggak ya?), penyebab dari polusi udara dan kemacetan kurang lebih adalah SAMA. Keduanya dipengaruhi oleh banyaknya kendaraan bermotor apalagi yang sudah tidak layak pakai sampai asap knalpotnya aja sehitam kertas hitam yang dihitamkan (aneh ya istilahnya? you know what i mean lah pokoknya)

Nah! Jadi logikanya kalau kendaraan bermotor di Jakarta dapat berkurang pasti dong tingkat kemacetan dan polusi juga berkurang. Iya kan? kayaknya sih ya memang begitu…

Lanjut…

Sekarang tinggal bagaimana caranya untuk mengurangi jumlah kendaraan bermotor yang eksis di jalanan.

Kendaraan kan butuh bahan bakar bukan? jadi kenapa nggak bahan bakarnya aja yang harganya dilipatgandakan? Lebih jauh lagi, tol dan juga tempat parkir dibikin semahal mungkin. Dengan begitu mereka kan jadi males keluar pake mobil…

Tapi dengan begitu masyarakat berontak dong? Terus demo dong?

Tunggu dulu! Belum selesai mas, mbak…

Kenaikan harga yang berlipat ini dikenakan tidak kepada semua penduduk. Khusus kendaraan umum (angkot, bus, dll) harganya tetap atau malah dibikin murah.  Dengan demikian para sopir dan masyarakat kecil pada umumnya terutama mereka yang sudah muak dengan kondisi Jakarta akan tetap mendukung.

Kenaikan harga ini hanya khusus  untuk mobil-mobil pribadi!

Pasti dong mereka yang punya mobil hanya untuk sekedar gengsi jadi berpikir 157kali untuk mengeluarkan mobil dari garasi (itu juga kalau mereka punya garasi). Mereka pasti lebih memilih naik angkutan umum yang tarifnya juga jadi murah karena harga bahan bakar untuk angkutan umum dibikin murah.

Kalau bahan bakar untuk angkutan umum dibikin murah berarti rugi lagi dong?

Nggak juga karena kerugian dari penjualan terhadap angkutan umum dapat ditutupi dengan penjualan bahan bakar kepada mobil-mobil mewah yang seperti disebut di awal tadi.

Menurut saya sih kalau dalam prosesnya diawasi betul. Pasti deh dapat berjalan.

Karena harga bahan bakar mahalnya luar biasa, mereka yang setengah kaya, sok kaya atau yang pura-pura kaya pasti akan mundur mempensiundinikan mobil-mobil mereka. Dan memilih angkutan umum.

Hasilnya? Jalanan jadi lebih sepi, kemacetan berkurang, dan otomatis polusi juga berkurang.

Setelah itu tinggal memperbaiki fasilitas angkutan umum supaya pelayanannya juga memuaskan. Dan tidak mengecewakan warga.

Tapi kalau angkutan umum sudah diminati sampai penuh, jangan sampai ada pelecehan di atas angkutan lho ya?

Gimana? Ide saya cukup masuk akal bukan?

Jenius kan?

Hahahahahahahaaaa…….

Tunggu gebrakan dari saya berikutnya!

24/09/2009

INTRODUCING : KAOS GAMBAR TANGAN

Kaos gambar tangan bukanlah sebuah kaos dengan gambar tangan di atasnya. :). Tapi kaos ini adalah sebuah kaos yang SUPER UNIK, karena gambarnya adalah handmade atau buatan tangan langsung!

Tanpa edit komputer dan alat lain! Cukup dengan tinta dan pena.

MURNI HASIL KARYA SEORANG SENIMAN!!!

Apa sih yang anda cari dari sebuah kaos?

Bahan enak dipakai? Itu biasa…

Design unik? banyak yang punya…

TAPI KAOS GAMBAR TANGAN LAIINNN!!!!!!

Coba lihat kaos yang sekarang ini anda pakai, atau ingat-ingat lagi kaos yang anda punya.

Apa keistimewaannya?

Apapun itu, pasti ada orang lain yang punya bukan? Karena pabrik tidak mungkin membuat hanya satu kaos saja.

Masuk akal?

Pasti!

Bandingkan dengan kaos di bawah ini

kaos gambar tangan

Adakah kaos kalian yang gambarnya seperti itu?

Ada?

Tunggu dulu..!!!

Gambar di atas dibuat secara HANDMADE !!!!!!

Hahahahaaaa…hebat bukan?

INGAT!!!! BUKAN SABLON!!!!

Tapi benar-benar digambar langsung di atas kaos dengan tinta khusus yang dijamin tidak bakal luntur saat dicuci.

Daaaaannnnnn, karena dibuat secara manual maka bisa dipastikan kaos ini tidak memiliki kembaran!!!!

SATU-SATUNYA!!!

ONE AND ONLY!!!!

Jadi anda tidak perlu khawatir busana yang anda kenakan ada yang ngembarin. Bangga dong, iya kan?

Coba lihat detail gambar di kaos itu. Hanya satu kata : LUAR BIASA!!!!

Yang suka gambar dan seni pasti kalian paham betapa rumitnya gambar di atas.

Pendek kata, kaos gambar tangan adalah sebuah maha karya dari seorang seniman yang dituangkan dalam bentuk kaos.

Berminat?  Bertanya?

Anda bisa hubungi kami di :

via email : kaosgambartangan@gmail.com

atau

via sms : 085647275009 (sori yang nomor kemarin rusak)

(sms only! Jangan telepon bakal direject. maklum, ane orang sibuk 🙂 )

Satu lagi bozzzz…..!!!! gambar menyesuaikan budget! Anda tinggal kasih aja temanya atau tema bisa dari kami.  Terus kalian sebutkan budget kalian, setelah itu langsung digarap.

Semakin gede budget semakin mantafff gambarnya.

Sebagai pertimbangan aku kasih contoh yang lain

di atas jeans Daud Goliath